Dampak Globalisasi Terhadap Pergaulan Remaja

Diposting oleh Dwi Sukma Wow Minggu, 30 Desember 2012

                                          Dampak Globalisasi Terhadap Pergaulan Remaja
BAB   I
Pendahuluan
Latar belakang masalah
Setiap manusia memiliki hubungan dengan setiap manusia dimuka bumi,tidak terkecuali dalam masalah perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, (globalisasi). Dalam hal ini ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi buas. Oleh karena itu, demi terciptanya perkembangan kehidupan di dunia terbentuklah globalisasi.
Namun dalam proses globalisasi itu sendiri dapat manjadi dua dampak bagi kehidupan manusia,yaitu dampak positif dan negative.
Rumusan Masalah
1.Apa pengertian globalisasi
2.Bidang kehidupan apa sajakah yang telah tersentuh arus globalisasi
3.BAgaimanakah hubungan antara globalisasi dan remaja
4.Apa dampak positif globalisasi bagi remaja
5.Apa dampak negative globalisasi bagi remaja
ii
Tujuan
Tujuan saya dalam membuat makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
Manfaat/ kegunaan penulisan
Saya berharap makalah ini dapat membantu pembaca dalam menemukan arti globalisasi. Dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan pembaca tentang globalisasi khususnya dampak-dampak yang di timbulkan oleh proses globalisasi.
iii
BAB   II
PEMBAHASAN
Globalisasi merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol. Menurut Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang. Ada pun dari beberapa ahli,seperti: Princenton N. Lyman, bahwa globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan. Dan masih banyak lagi pendapat para ahli tentang globalisasi yang berbeda-beda.
Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar  luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.
Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang
IV
Kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lain akan mempengaruhi nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa.
Karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern. Sehingga globalisasi dapat menjadi dampak yang beragam terutama pada aspek social, dampak positif nya adalah
1.kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.
2.Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa
3.Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.
Disamping pengaruh positif globalisasi, kita juga mengetahui adanya sisi negative dalam globalisasi, seperti:
1.banyaknya nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkannya secara selektif, salah satu contoh dengan hadirnya modernisasi disegala bidang kehidupan,
V
2.   Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
3.   Selain  itu  juga  timbulnya  sifat  ingin  serba  mudah dan gampang (instant) pada diri seseorang. Pada sebagian masyarakat, juga sudah banyak yang mengikuti nilai-nilai budaya luar yang dapat terjadi dehumanisasi yaitu derajat manusia nantinya tidak dihargai karena lebih banyak menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.
Namun dalam hubungan dengan masyarakat khususnya remaja, globalisasi juga dapat berpengaruh positif dan negative . Seperti dalam hal teknologi dan informasi. Dalam hal ini, sangat banyak masyarakat,khususnya remaja menggunakan media internet. Oleh karena itu tidak dipungkiri, media ini sangat bermanfaat dalam sumber informasi dan tidak dipungkiri juga banyaknya sisi buruk dari media tersebut. Tapi hal itu akan kembali pada pola fakir remaja itu sendiri dan bagaimana para remaja mengambil sisi baik dan membuang sisi buruknya.
VI
BAB  III
PENUTUP
Demikian makalah tentang globalisasi yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amien…
Kesimpulan
Jadi, kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negative. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya. Tetapi kehadiran globalisasi dapat menjadi suatu keuntungan dan kerugian tersendiri dalam diri kita masing-masing. Namun,semua itu tergantung pada pola fikir para remaja dan bagaimana para remaja membedakan sisi baik dan buruk peran globalisasi itu sendiri.
Saran
Saran saya adalah semoga pembaca khususnya para remaja bisa menyimpulkan bagaimana dampak positif dan negative tentang globalisasi. Agar para remaja tidak mudah terseret arus globalisasi yang semakin meluas.

  1. Unknown Says:
  2. Mantap bisa membantu

     

Posting Komentar